Tutorial Difficulty : Beginner.
Cangkir adalah objek/karya yang pertama kali saya buat di Blender3D. Pada tutorial kali ini, saya akan memberikan cara membuat cangkir di blender3d. Tutorial ini dibagi menjadi 2 part , 1. membuat cangkir, 2. menambahkan material pada object. Mari kita mulai saja tutorialnya
1. Buka Blender3D dan buat file baru (Ctrl + N)
2. Delete Default Cube yang ada di scene anda, lalu tambahkan Cylinder melalui Add > Mesh > Cylinder (Pastikan Anda sedang berada di Object Mode)
3. Masuk ke Orthograpic mode dengan menakan Numpad 5 atau melalui View > View persp/Ortho, lalu pindah ke Edit Mode dengan menekan tombol Tab (Pastikan Objek Cylinder tersebut sudah di select dengan menekan klik kanan)
4. Pindah ke Front View dengan menakan tombol Numpad 1 atau View > Front dan pindah ke wireframe Mode dengan menekan huruf Z, lalu pindahkan Cursor ke depan Cylinder tersebut , setelah itu tekan Ctrl + R hingga terdapat 4 Cuts (Buat cuts dengan mengscroll Middle Mouse Button) lalu klik kiri
5. Pilih Vertices/Face yang berada di bagian atas cangkir, lalu tekan delete dan pilih Faces (tekan B lalu pilih verticesnya)
6. Lalu, pilih 4 Vertices yang tadi kita buat (Cuts) lalu tekan huruf S , lalu tekan 1.1 untuk memperbesar ukurannya 1.1x lebih besar.
7. Lalu pilih lagi 2 vertices yang berada di tengah, setelah itu scale ke 1.05 Hingga seperti gambar dibawah
8. Save file kamu (Ctrl + S)
9. Pilih 2 vertices yang berada di bagian bawah lalu scale ke 0.95, lalu pilih vertices yang paling bawah dan scale ke 0.9, hingga menjadi seperti gambar yang dibawah ini
10. Setelah menjadi seperti cangkir, mari kita membuat bagian dalamnya. Pilih vertices yang berada di paling atas, tekan E, lalu scale ke 0.85. (Jangan gerakkan mouse, jika ingin aman klik kanan terlebih dahulu baru scale)
11. Setelah itu Extrude (E) ke vertices yang berada di bawahnya secara 1 per satu hingga menjadi seperti gambar
13. Kemudian, masuk ke Object Mode lalu tekan smooth yang berada di panel sebelah kiri dan masuk ke Modifier panel, lalu tambahkan modifier subdivision surface ( Sebelumnya, pilih vertices yang paling bawah, lalu tekan E )
14. Setelah semuanya dilakukan, pindah ke render panel(bergambar kamera) lalu tekan render. Jadilah Cangkirnya, kita akan melanjutkan memberikan material pada cangkir ini pada tutorial part2. (Jangan lupa, Save!!!!!!!!!!!)
Terima Kasih bagi yang sudah ingin mampir ke blog dan melihat tutorial saya. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Kita disini sama sama belajar, saya hanya ingin berbagi kemampuan saya kepada anda. Kritik dan saran tolong sertakan di comment, Terima Kasih.
>>> Halaman Selanjutnya Tutorial 1 (Cangkir) Part 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar